Tuesday, June 11, 2013

Manfaat Buah Naga dan Kandungan Nutrisi Buah Naga

Manfaat Buah Naga - Seperti halnya buah - buahan pada umumnya yang mengandung nutrisinya masing - masing. Akan tetapi, kandungan nutrisi pada buah naga tidak dapat dipandang sebelah mata. Dengan berbagai kandungan nutrisi dan vitamin seperti Vitamin C, B1, B3, B12, Serat, Mineral dan Antioksidan membuat buah naga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti kolesterol, gula darah, dsb. Berikut ini adalah ragam manfaat buah naga berdasarkan kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga, antara lain:

Manfaat Buah Naga dan Kandungan Nutrisi Buah Naga

 
Manfaat Buah Naga

Meningkatkan Imun Tubuh - Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah naga berperan penting dalam menjaga kesehatan, mempercepat penyembuhan, membentuk sel - sel yang rusak, dsb. Dengan mengkonsumsi buah naga yang telah dikeringkan terlebih dahulu, anda akan mendapatkan manfaat dari vitamin C sepuluh kali lebih banyak dari kebutuhan minimal tubuh akan vitamin C.
Meningkatkan Nafsu Makan - Bagi yang memiliki keluhan akan kurangnya nafsu makan, tidak perlu mengkonsumsi berbagai obat - obatan penambah nafsu makan yang sebagian besar memiliki efek samping. Manfaat buah naga dan kandungan vitamin B12 juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan, khususnya bagi orang - orang yang sedang mengalami pemulihan dari penyakit.
Menstabilkan Kolesterol Darah - Kandungan vitamin B3 dalam buah naga memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai penstabil kadar kolesterol dalam darah juga sebagai pelindung kulit dari penuaan dini. Manfaat vitamin B3 atau niacin juga dapat membantu meremajakan kulit agar tetap cerah dan halus.
Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi - Dibalik warna putih dari daging buah naga, ternyata mengandung banyak fosfor dan kalsium yang berperan utama dalam pertumbuhan tulang dan gigi.
Menyehatkan Organ Penglihatan - Zat karoten dalam buah naga berfungsi meningkatkan fungsi penglihatan, mencegah rabun. Konsumsi buah naga dapat menjadi alternatif bagi mereka yang tidak menyukai wortel yang juga berperan sama sebagai penyehat mata.
Mengandung Antioksidan - Antioksidan merupakan senyawa yang terdapat pada beberapa jenis buah - buahan yang berfungsi sebagai pencegah penurunan regenerasi sel yang dapat menyebabkan penuaan dini, berkembangnya sel kanker, dan berbagai kendala kesehatan lainnya.
Mengendalikan Kadar Gula - Bagi pecinta makanan manis, umumnya akan memperbesar resiko terkena penyakit gula darah. Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat menstabilkan kembali kadar gula darah.
Mengatasi Penyakit Asma - Buah naga juga dapat membantu mengatasi penyakit asma, penyakit yang menyerang organ pernafasan. Diperlukan konsumsi secara teratur selama beberapa bulan untuk mendapati hasil positif dari buah naga.
Mendongkrak Energi Tubuh - Buah naga juga berkhasiat sebagai penambah energi, mengatasi letih dan lesu. Adapun kandungan Thiamine dalam buah naga berperan memperlancar pencernaan karbohidrat menjadi energi yang diperlukan bagi tubuh untuk menjalankan aktivitas.
Sebagai Sumber Lemak Tak Jenuh - Ada dua macam jenis lemak dalam makanan, yaitu lemak jenuh yang terdapat pada kulit daging, gajih, urat, dsb, yang membahayakan kesehatan. Sedangkan kategori lemak kedua adalah lemak tak jenuh yang justru berfungsi sebaliknya, sebagai penurun kolesterol jahat. Buah naga termasuk salah satu dari sedikit buah yang mengandung lemak tak jenuh yang diperlukan oleh tubuh.
Penurun Tekanan Darah - Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah yang dapat memicu penyakit kardiovaskular dan stroke.
Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar - Penyakit sembelit kerap disebabkan oleh panas dalam atau kurangnya makanan berserat. Buah naga mengandung banyak serat seperti halnya sayuran hijau. Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat menghindarkan keluhan sembelit.
Sebagai Sahabat Diet - Buah naga merupakan sahabat diet yang baik, terutama bagi anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Adapun kandungan nutrisi yang beragam dengan minimnya zat gula dalam buah naga dapat memberikan rasa kenyang. Sehingga mengkonsumsi buah naga dapat memberikan rasa kenyang bagi anda yang tengah diet dan berjuang untuk menahan rasa lapar.
Sebagai Sumber Protein -  Protein merupakan salah satu nutrisi utama yang diperlukan bagi tubuh, terutama dengan perannya dalam pembentukan otot, enzim, hormon, dan keseimbangan sel lainnya. Buah naga mengandung protein nabati seperti halnya kacang-kacangan dan sayuran brokoli.
Pembuang Zat Racun - Ginjal dan hati berperan untuk menyaring dan mengurai nutrisi dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Adapun beberapa racun tubuh yang tak dapat terurai seperti merkuri, arsenik, dsb. Dalam hal ini, buah naga dapat membantu membersihkan racun - racun yang tak dapat terurai tersebut agar terbuang melalui keringat maupun pembuangan.


Demikianlah berbagai Manfaat Buah Naga dan Kandungan Nutrisi Buah Naga. Semoga bermanfaat :-)

No comments:

Post a Comment